Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

Tuada Uldilag: "SDM adalah Pusat Pengembangan Peradilan Agama"


Image


badilag.net | www.pta-jambi.go.id

Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Agama (Tuada uldilag) Drs. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH., kembali menegaskan urgensi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Peradilan Agama. Hal tersebut disampaikan dalam Pembukaan Bimbingan Teknis (Bintek) Yustisial Bidang Hukum Acara dan Pola Bindalmin di Lingkungan PTA (4/8/2010) . “Selama ini kita terlena oleh kemajuan yang kita capai, terutama berkaitan dengan penguasaan hukum acara dan pola bindalmin. Tingkatkan terus pengembangan SDM karena pusat pengembangan PA adalah adalah SDM”, ujar Tuada Uldilag.
H. Andi Syamsu Alam menghimbau kepada peserta bintek untuk memaksimalkan mediasi sebagai sebuah penyelelesaian  sengeketa yang menguntungkan para pihak (win-win solution). “Berdasarkan penelitian badilag tingkat keberhasilan mediasi di PA masih sangat rendah”.
Tuada Uldilag juga mengharapkan PA untuk mengembangkan transparansi peradilan dengan mempublikasikan informasi yang diamanatkan peraturan perundang-undangan.
Mengenai justice for all, Tuada menghimbau masing-masing PA ke depan bisa lebih memaksimalkan posbankum, perkara prodeo dan sidang keliling agar masyarakat miskin juga terlayani dengan baik melalui program-program tersebut.

ImageImage

Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI


Sementara itu Sekretaris MA RI, Drs. H. Rum Nessa, SH., MH dalam penyampaian materi tentang reformasi birokasi menggarisbawahi 3 program yang menjadi andalan reformasi birokrasi di lingkungan MA. Ketiga program yang dimaksud adalah transparansi peradilan, pengembangan teknologi informasi dan implentasi Pedoman Perilaku Hakim (code of cunduct).
Sekretaris MA  RI juga memberikan catatan mengenai pentingnya kedisiplinan dalam pencatatan kas dan pertanggungjawaban remunerasi. “Kita berharap laporan ke depan tidak disclaimer lagi. Untuk itu kita perlu tingkatkan lagi kedisiplinan kita,” ajak Sekretaris MARI.

Pelaksanaan Bintek

Dalam sambutannya selaku Ketua Panitia Drs. H. Pahri Hamidi, SH melaporkan bahwa peserta bintek berjumlah 40 orang yang terdiri dari Ketua, Wakil, Hakim PA di Lingkungan PTA Jambi berlangsung tanggal 4 – 6 Agustus 2010 di Hotel Novotel Jambi.
“Selain Tuada Uldila dan Sekretaris MA, bertindak selaku narasumber adalah Ketua PTA  (Drs. H. Muzani Zahri, SH., MH, red) dan Wakil Ketua PTA Jambi (Drs. H. M. Yamin Awie, SH., MH, red) yang juga Pemandu nasional hukum acara dan pola bindalmin.
Ketua PTA Jambi juga menegaskan kembali tujuan bintek. “Bintek dimaksudkan untuk memberikan dan menyemangati kembali penguasaan teknis yustisial agar tidak ada kesalahan prosedural dan keadilan material dalam tugas kita sehari-hari. Dengan bintek diharapkan akan ada pemahaman teoritis dan praktis serta mampu mengaplikasikannya sehingga produk hukum yang dihasilkan semakin mantap, profesional dan mendekati keadilan para pihak”, kata H. Muzani Zahri.
Harapan ke depan aparat PA menjadi penegak hukum yang profesional sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat.(ahsan)

http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/5727-bintek-hukum-acara-dan-pola-bindalmin-jambi--58.html

0 Komentar: