Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013


Studi Banding TI PA dan PN Brebes
ke PA Wonosari

Image

Sambutan Selamat datang dari Pimpinan PA Wonosari, Drs Jeje Jaenudin, MSI atas kedatangan Rombongan Tim TI PA Brebes yang diPimpin KPA Drs.H.M.Manshur,SH.MH dan PN Brebes, KPN Sigid Purwoko, SH.MH.

Penerapan Teknologi Informasi khususnya barcode perkara dan TV Media Center di Pengadilan Agama Wonosari menarik perhatian Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Negeri (PN) Brebes. Rasa ketertarikan tersebut diwujudkan dalam bentuk studi banding ke Pengadilan Agama Wonosari, Jum'at (8/5), melalui delegasi rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua pengadilan masing-masing yakni Ketua PA Brebes (Drs. H.M. Manshur, SH., MH) dan Ketua PN Brebes (Sigid Purwoko, SH.MH). Melalui studi banding tersebut diharapkan ada pertukaran informasi dan berbagi pengalaman penerapan TI sebagai sarana peningkatan pelayanan.
Kedatangan rombongan PA dan PN Brebes disambut oleh Drs Jeje Jaenudin, MSI (Wakil Ketua PA Wonosari), Hj. Sri Murni, SH (Panitera/sekretaris) dan Tim TI PA Wonosari. Setelah prosesi penyambutan dan ramah tamah dari tuan rumah, acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang penerapan TI di PA Wonosari oleh Admin Ahsan Dawi. Melalui Layar lebar Ahsan Dawi memaparkan perjalanan TI, petugas layanan informasi perkara (client service), berbagai aplikasi seperti SIADPA, SMS, website, barcode dan TV Media Center, serta pengalaman Tim dalam pengelolaan TI.
Image

Ketua PA dan Ketua PN Brebes sedang mencoba Barcode Informasi Perkara di PA Wonosari.

Seperti halnya kunjungan studi banding sebelumnya, bahwa salah satu ketertarikan PA dan PN Brebes adalah penggunaan barcode informasi perkara dan TV Media Center. keberadaan TV Media center dapat memberikan hiburan dan pendidikan hukum melalui pesan-pesan yang termuat di dalamnya. Pesan dan informasi tersebut seperti, daftar perkara putus. jadual sidang, informasi dalam bentuk running text (teks berjalan) dan multimedia yang bisa menampilkan siaran TV ataupun video.
Image

Rombongan PA dan PN Brebes sedang mengamati salah satu layanan berbasis TI yakni TV Media Center di PA Agama Wonosari.

Menurut Ketua PA Brebes Drs.H.M. Manshur, SH.MH, bahwa PA Brebes telah menerapakan TI seperti SIADPA dan Website namun belum seratus persen. Beberapa kendala tersebut seperti sumber daya pengelola (admin, red). Adapun PN Brebes baru akan membelanjakan anggaran TI yang jumlahnya tidak sedikit. Melalui studi banding tersebut Ketua PN Brebes berharap penerapan TI yang akan dibangun tepat sasaran dan berdaya guna. Selama acara nampak sekali keakraban di antara rombongan dari PN Brebes dan PA Brebes dengan Tim TI PA Wonosari. Implementasi TI telah menjadi jembatan persahabatan untuk lebih mempererat silaturrahmi antara PN dan PA.(*Fajar)

0 Komentar: