Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

Situs Web PA Sengeti Pindah Alamat



Image

Sengeti | www.pa-sengeti.go.id (1/1)

PA Sengeti mengawali tahun 2010 dengan mengadakan “pindahan”. Terhitung sejak (1/1), situs web PA Sengeti yang selama ini menggunakan nama domain www.pa-sengeti.net pindah ke www.pa-sengeti.go.id.

Untuk sementara alamat lama (www.pa-sengeti.net) masih bisa diakses namun otomatis akan dialihkan ke www.pa-sengeti.go.id, namun ke depan domain www.pa-sengeti.net akan dinon-aktifkan. Dalam penjelasannya Ketua Tim TI PA Sengeti, Ahsan Dawi menyatakan perpindahan nama domain dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 28/PER/M.KOMINFO/9/2006 tentang Penggunaan Nama Domain go.id untuk situs web resmi pemerintah pusat dan daerah.
Salah satu pertimbangan lahirnya peraturan di atas adalah rangka menunjang pengembangan dan pelaksanaan elektronic goverment (e-government), sehingga setiap pembangunan situs web resmi pemerintahan pusat dan daerah harus menggunakan nama domain go.id.

Anggota Tim TI PA Sengeti Roli Wilpa menyatakan bahwa kekuatan utama suatu situs web sebenarnya ada pada content (isi), bukan pada template ataupun nama domain. ”Content itu yang pokok, yang lain sifatnya accecoir (tambahan),” kata Roli, cakim yang baru saja mengakhiri masa lajangnya ini.

Kehabisan bandwidth

Sementara itu, Anggota Tim TI PA Sengeti yang lain Mohd. Amin menjelaskan mengenai alasan teknis perpindahan alamat situs web ini. ”Sebenarnya yang kita pindah bukan cuma nama domainnya, tapi juga hostingnya (rumah untuk tempat web, red). Space dan bandwidth yang lama sudah tidak mencukupi lagi,” ungkap Amin.

Kondisi ini sekaligus digunakan untuk pindah alamat karena proses dan biaya untuk upgrade hampir sama dengan pengajuan domain dan hosting baru. Apalagi sekarang proses pengajuan domain go.id lebih mudah.

Pada tanggal 29 Nopember 2009 www.pa-sengeti.net kehabisan bandwidth sehingga tidak bisa diakses pada sisa bulan tersebut. Pada tanggal 19 Desember 2009 lagi-lagi situs web ini kehabisan bandwidth, sehingga tidak bisa diakses hingga akhir tahun. 

Bandwidth adalah besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui suatu situs web ke seluruh internet. Jumlah pengunjung, pengunjung yang mengunduh suatu file dari situs web adalah sebagian contoh lalu lintas yang mempengaruhi besaran bandwidth.

Dari pantauan Tim TI, banyaknya pengunjung yang mengunduh (download) tutorial SIADPA dan UU baru yang menyebabkan www.pa-sengeti.net kehabisan bandwidth, apalagi bandwidth yang tersedia saat itu memang tidak begitu besar. Justru keadaan ini yang memicu Tim TI untuk lebih semangat meski kehabisan bandwidth karena informasi yang disajikan selama ini cukup dinikmati oleh para pengunjung, terbukti banyak yang mengunduhnya. (mirzaramadhana@yahoo.com).

http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/4050-situs-pa-sengeti-ganti-domain--71.html

0 Komentar: