Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

Sidang Keliling PA Sengeti Di Sungai Bahar


Image


Sengeti | pa-sengeti.net 

Yurisdiksi PA Sengeti meliputi seluruh wilayah di Kabupaten Muaro Jambi. Secara geografis delapan kecamatan di Kabupaten Muaro Jambi mengelilingi Kota Jambi sehingga letak Sengeti sebagai ibu kota Kab. Muaro Jambi tidak berada tepat di tengah-tengah Kab. Muaro Jambi. Konsekuensi dari kondisi ini ada beberapa kecamatan yang letaknya sangat jauh dari Sengeti, salah satunya Kec. Sungai Bahar yang berjarak sekitar 130 KM dari Sengeti.

Untuk memudahkan akses para pencari keadilan terhadap pengadilan, PA Sengeti kembali menggelar Sidang Keliling pada tahun 2010 yang direncanakan sebanyak 4 kali, menyesuaikan dengan anggaran dari DIPA. Periode I sidang keliling diadakakan di Kecamatan Sungai Bahar. Kecamatan yang terletak arah tenggara dari kota Jambi ini berada di ujung Prop. Jambi dan berbatasan langsung dengan Kab. Musi Banyuasin Prop. Sumatera Selatan.
Sejak dini hari persiapan sudah dilakukan oleh Tim Sidang Keliling yang terdiri dari Drs. Faizal Kamil, SH., MH (Ketua Majelis), Ahsan Dawi, SH., SHI., MSI dan HS. Shalahudin, SH (Hakim Anggota), Pitir Ramli, SH (Pansek), Roli Wilpa, S.Ag (Panitera Pengganti/Wartawan pa-sengeti.go.id), dan Arsil Hadi, SH (Jurusita Pengganti).

Image

Meski jarak Sengeti-Sungai Bahar sekitar 130 KM namun perjalanan tidak bisa ditempuh dengan cepat, butuh waktu sekitar 3 jam. Kondisi jalan banyak yang berlobang, rusak dan berlumpur (di musim hujan) memaksa Tim harus ekstra hati-hati. Beberapa kali mobil terjebak jalanan yang berkubang dan miring, sehingga harus sedikit mundur dan berputar untuk bisa melewatinya.

Sepanjang perjalanan tidak terasa kantuk sama sekali karena mobil tak henti bergoncang, roda ban mobil BH 13 GZ yang dikendarai Tim seakan-seakan tidak bulat lagi. Sejauh mata memandang yang nampak hanyalah hamparan kebun sawit. Maklum, jalan menjadi rusak karena banyak truk bertonase besar yang setiap saat melintas untuk mengangkut hasil dari perkebunan sawit. Sungai Bahar termasuk salah satu penghasil sawit terbesar di Jambi. Kawasan ini merupakan daerah transmigrasi yang cukup sukses.

Sidang keliling dilaksanakan di Desa Sungai Bahar Unit IV, tepatnya di Kantor KUA Kec. Sungai Bahar. Tujuh perkara yang disidangkan terdiri dari enam perkara cerai gugat dan satu perkara cerai talak. Meskipun dilaksanakan di ruangan sempit, namun persidangan berjalan lancar. 

Siti Nurhayati, salah satu pihak yang memanfaatkan layanan sidang keliling menyambut baik pelaksanaan sidang keliling. "Kami sangat terbantu dengan pelaksanaan sidang keliling ini, manfaatnya sangat besar. Kami berharap acara seperti ini (sidang keliling, red) diperbanyak lagi ke," harapnya. 

Image

Melihat tingginya animo masyarakat terhadap sidang keliling, Pitir Ramli  (Pansek PA Sengeti) mengatakan, "ke depan anggaran untuk sidang keliling dan prodeo kita tingkatkan dengan mengusulkan dalam RKA-KL sehingga pelayanan hukum kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi." Sementara itu Faizal Kamil menegaskan tentang pentingnya sosialisasi sidang keling. "Sosialisasi sidang keliling harus dimaksimalkan dengan cara mensosialisasikannya di setiap KUA karena selama ini hanya terpusat di KUA yang ditunjuk untuk sidang keliling," pungkasnya.

(Ahsan Dawi/Roli Wilpa)


http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/5307-sidang-keliling-pa-sengeti--116.html

0 Komentar: