Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

PPL Mahasiswa IAIN STS Jambi di PA Sengeti


Image

PA Sengeti kembali menjadi pilihan tempat Program Praktek Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Syari'ah IAIN Sulthan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi. Selama 2 minggu, sejak 27 Juli 2009 s.d. 6 Agustus 2009, 16 Mahasiswa Jurusan Al-Ahwal Asy-Syahsiyyah (AS) dan Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH) IAIN STS melihat dari dekat proses penerimaan perkara hingga tahapan persidangan.

Pada hari Kamis (6/8) bertempat di ruang sidang PA Sengeti diadakan acara pelepasan Mahasiswa PPL oleh Drs. H.S. Syechan Al-Jufri selaku Ketua PA Sengeti. Edi Kurniawan yang didaulat oleh teman-temannya mewakili Mahasiswa PPL dalam sambutannya menyatakan kepuasannya atas sambutan dan bimbingan para hakim selama PPL berlangsung. "Luar biasa, itulah yang kami rasakan atas bimibingan para hakim. Sebelumnya pengetahuan kami hanya dipenuhi oleh teori-teori di bangku kuliah, namun sekarang kami memperoleh gambaran tentang proses beracara di persidangan, bahkan kami bisa merasakan "menjadi hakim" dalam peradilan semu. Kami merasa waktu yang diberikan pihak kampus masih kurang, sehingga kami berinisiatif untuk datang lagi ke sini untuk mengetahui proses persidangan secara lebih detail lagi," ujar Mahasiswa semester 6 Jurusan AS ini dengan penuh semangat..

Image

Drs. Marwoto, SH., MSI., mewakili Hakim Pembimbing menyampaikan permintaan maaf apabila ada kekurangan dalam memberikan bimbingan dan pelayanan. Ia mengharapkan kepada para mahasiswa terus membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan berfikir visioner. "Kalau Saudara-saudara ingin menjadi penegak hukum kelak, mulailah "mempola diri" sebagai penegak hukum. Sehingga aktivitas kita terarah mengikuti pola yang kita ciptakan," tegas Marwoto.

Sementara itu Ketua PA Sengeti mengharapkan para mahasiswa bisa menjadi agent of change di masyarakat. "Dengan tambahan wawasan hukum yang didapatkan di perkuliahan dan di pengadilan, saya berharap Saudara-saudara bisa mengamalkan ilmu tersebut di masyarakat. Saudara diharapkan bisa menjadi bagian dari solusi di tengah-tengah masyarakat apabila ada persoalan hukum dan peradilan, terutama hukum keluarga," pesan Syechan Al-jufri. Lebih lanjut Syechan Al-Jufri juga menyatakan bahwa PA Sengeti sangat terbuka menerima kunjungan, termasuk para mahasiswa, meskipun demikian ia mengingatkan ada tahap-tahapan tertentu yang tidak boleh dihadiri oleh khalayak umum, seperti pemeriksaan perkara cerai yang bersifat tertutup untuk umum..

Image

Sebagai tanda bukti telah melakukan PPL, para mahasiswa menerima sertifikat yang diserahkan langsung oleh Ketua PA Sengeti. PPL ini merupakan PPL Kelompok I. Setalah Kelompok I ini dalam waktu dekat akan datang Mahasiswa PPL Kelompok II di PA Sengeti. Sejak 3 tahun terakhir ini PA Sengeti menjadi tempat PPL Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN STS Jambi. ( mirzaramadhana@yahoo.com

Sumber http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/3354-ppl-mahasiswa-iain-sts-jambi-di-pa-sengeti--78.html

2 Komentar:

Unknown mengatakan...

Salam kenal saudaraku.
Postingan saudara mengingatkan Diriku jauh ke beberapa tahun silam.hehe
Terimakasih.:-)

Unknown mengatakan...

Salam kenal saudaraku.
Saya suka dengan tulisan ini. ia mengingatkanku pada masa2 beberapa tahun silan. Terimakasih.:-)