Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

Perkara Prodeo di PA Sengeti Capai 6 %



Image
Foto: grafik_perkara_prodeo
Sengeti | pa-sengeti.net

Selama tahun 2009 PA Sengeti menerima 264 perkara, 6 % (16 perkara) diantaranya termasuk perkara prodeo. Perkara Prodeo adalah perkara yang diproses di pengadilan secara cuma-cuma bagi orang yang dikategorikan miskin. 

Dalam perkara prodeo, biaya proses untuk menyelenggarakan pemeriksaan perkara tersebut ditanggung oleh negara melalui DIPA yang dialokasikan pada satker pengadilan masing-masing. Tujuan adanya perkara prodeo ini adalah untuk membantu orang-orang miskin atau masyarakat tidak mampu untuk memperoleh akses keadilan. 

Upaya lain dalam memberikan kemudahan masyarakat untuk memperoleh akses keadilan (access to justice) adalah sidang keliling. Selama tahun 2009 PA Sengeti telah melaksanakan sidang keliling di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Kumpeh Ulu, Kecamatan Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Bahar. Dari sidang keliling yang dilaksanakan telah berhasil menyelesaikan 21 perkara atau 7,95 % dari jumlah perkara tahun 2009.

Sidang keliling telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ketua LK3 Khairani,  sebuah lembaga swadaya masyarakat yang konsentrasi pada pendampingan, advokasi, dan pemberdayaan untuk keluarga sejahtera, pada saat pelaksanaan sidang keliling di Talam Belido, Sungai Gelam (11/11/2009) menyampaikan ucapan terima kasih kepada PA Sengeti atas terselenggaranya sidang keliling. Khairani berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun-tahun berikutnya karena sangat membantu masyarakat, khususnya masyarakat miskin. 

Image
Foto: grafik_perkara_masuk
Dalam 3 tahun terakhir terdapat peningkatan jumlah perkara yang siginifikan di PA Sengeti. Pada tahun 2007 PA Sengeti menerima 127 perkara. Pada tahun berikutnya, tahun 2008 meningkatmenjadi 196 perkara. Kenaikan juga terjadi pada tahun 2009 dengan 264 perkara atau naik  34, 7 %.

Bukan saja dari segi kuantitas perkara, ditinjau dari jenis perkara yang ditangani PA Sengeti juga semakin variatif dan komplek. Meskipun masih didominasi perkara cerai gugat dan cerai talak namun perkara-perkara lain terus masuk seperti kewarisan 6 perkara, harta bersama (2), pengangkatan anak (3), isbat nikah (2), wali adhal (1), dan pembatalan perkawinan (1). Pada tahun 2009 juga diterima derden verzet sebanyak 1 perkara.

Melihat perkembangan perkara yang semakin variatif dan komplek, Ketua PA Sengeti Syekhan Aljufri telah melakukan upaya-upaya untuk mengantisipasi penanganan perkara di kemudian hari, salah satunya dengan menyiapkan majelis hakim bidang ekonomi syariah. “Meskipun perkara ekonomi syari’ah belum ada yang didaftarkan di PA Sengeti, namun kami telah menyiapkan majelis khusus yang telah disiapkan untuk menangani sengketa ekonomi syariah”, jelas Syekhan.


http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/4089-perkara-prodeo-di-pa-sengeti--111.html

0 Komentar: