Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Jumat, 08 Maret 2013

Pencerahan SIADPA/SIADPTA Plus di PTA Banten



Anyer | pta-banten.net (09/02/2012)

Bimbingan Teknis Implementasi SIADPA Plus/SIADPTA Plus dan Pengembangan IT peradilan agama di lingkungan PTA Banten yang diselenggarakan tanggal 7 – 9 Februari 2012 di Hotel Mambruk Anyer, ditutup secara resmi hari ini oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten, Drs.H.M.Thahir Hasan.

Kegiatan yang pada pembukaan lalu dihadiri oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag MA RI, Drs.H.Sayyed Usman., SH., MH dikawal oleh para narasumber handal dan kompeten di bidang IT yang merupakan Timnas SIADPA/SIADPTA Plus Mahkamah Agung RI yaitu Ahsan Dawi., S.H., M.,H., M.Si, Tohir, S.H., dan Helmy Indra Mahyudin., S.Fil. Hakim, Panitera Muda/Panitera Pengganti, Jurusita serta operator dari masing-masing pengadilan agama yang ada di wilayah PTA Banten serta hakim tinggi dan pejabat struktural PTA Banten menjadi peserta Bintek yang berlangsung penuh antusiasme dan semangat tinggi untuk mengikuti setiap pembelajaran dengan materi khusus SIADPA Plus/SIADPTA Plus yang bersifat dinamis, cepat berubah dan terus menerus dikembangkan.

KPTA Banten dalam sambutannya mengapresiasi seluruh penyelenggaraan Bintek baik kepada narasumber yang sangat intens memberikan bimbingannya tanpa kenal lelah dan selalu memotivasi peserta agar memiliki upaya yang keras, kerja iklas, kerja cerdas sehingga akan menghasilkan kerja yang tuntas, maupun kepada peserta yang juga bersemangat mengikuti setiap sesi hingga hampir tengah malam.

Selama 3 (tiga) hari penyelenggaraan Bintek, banyak hal-hal baru dan cukup inovatif yang diberikan narasumber sebagai bekal dan problemsolving untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kerap ada sehingga aplikasi SIADPA/SIADPTA Plus tidak dapat diimplementasikan dengan optimal. SIADPA LIPA, SIADPA KIPA, BAP, penerbitan Akta cerai adalah sebagian dari materi yang disampaikan narasumber dengan metode yang lebih aplikatif yaitu simulasi.

Sebagai tindak lanjut hasil Bintek pengembangan IT dan optimalisasi implementasi SIADPA/SIADPTA Plus, di akhir kegiatan para peserta merumuskan hal-hal penting yang akan direkomendasikan kepada pimpinan PTA Banten dan menjadi acuan atau kebijakan penting di dalam mengoptimalkan sistem aplikasi berbasis IT tersebut dalam pelaksanaan tugas di seluruh satker pengadilan agama dan Pengadilan Tinggi Agama wilayah Banten.
Rekomendasi tersebut antara lain agar pimpinan PTA menginstruksikan dengan tegas kepada pimpinan PA untuk lebih memberikan dukungan, perhatian dan partisipasinya terhadap implementasi aplikasi SIADPA Plus pada satker agar aplikasi SIADPA Plus dapat memberikan manfaat yang lebih besar terhadap kinerja peradilan dan masyarakat.

Selain itu direkomendasikan pula untuk mengoptimalkan peran Tim Implementasi SIADPA/SIADPTA Plus Daerah sebagai wadah penggiat dan penyokong SIADPA/SIADPTA Plus agar berjalan lebih efektif, membentuk tim kecil pada PA yang didalamnya terdiri dari satu majelis hakim dan Tim SIADPA Plus yang dijadikan pionir untuk mengawali dan memotivasi rekan-rekan di satkernya agar aktif dan bersahabat dengan SIAdPA Plus.(deh)

http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/9807-orientasi-bintek-it-dan-siadpa-plus-pta-banten-132.html

0 Komentar: