Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

PA Sengeti Gandeng LSM LK3 Dalam Sidang Keliling dan Perkara Prodeo


Image


Sungai Gelam | www.pa-sengeti.go.id (14/10)

PA Sengeti kembali menggelar sidang keliling untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses keadilan. Sidang keliling yang dilaksanakan di Balai Desa Kebun IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi pada hari Rabu (13/10) bekerjasama dengan Lembaga Konsultasi dan Kesejahteraan Masyarakat (LK3) Kabupaten Muaro Jambi.

Persidangan yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB ini menyidangkan 6 perkara cerai gugat secara prodeo. Para pencari pencari keadilan (Penggugat, red) termasuk dalam kategori miskin yang selama ini menjadi warga binaan LK3 Muaro Jambi. Dipilihnya Balai Desa Kebun IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi sebagai tempat sidang keliling karena jarak Sungai Gelam ke Sengeti (Kantor PA, red) sekitar 60 KM.
Selain berasal dari Kecamatan Sungai Gelam, ada juga Pencari keadilan yang berasal dari Kecamatan yang berdekatan dengan Sungai Gelam, yaitu Kumpeh dan Kumpeh Ulu.  

Majelis Hakim yang terdiri dari HS. Syekhan Aljufri (Ketua Majelis), Ahsan Dawi dan H. Sumusus Shalahuddin (Hakim Anggota) secara bertahap memeriksa ketidakmampuan pencari keadilan untuk beracara dengan cuma-cuma (prodeo), yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pokok perkara. 

Persidangan dapat berjalan lancar tak lepas dari dukungan Perangkat Desa Kebun IX yang telah menyediakan ruang pertemuan yang relatif luas untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan sidang keliling.

Tanggapan LK3 Terhadap Sikel dan Prodeo

ImageAryani, Ketua LK3 Kabupaten Muaro Jambi yang ditemui pa-sengeti.go.id menyampaikan rasa terima kasinya kepada PA Sengeti yang telah bekerjasama dengan  LK3 dalam upaya membantu masyarakat miskin mendapatkan keadilan. “PA telah menjembatani kebutuhan masyarakat miskin untuk mendapatkan keadilan. Para Penggugat adalah warga binaan kami yang telah mengalami masalah keluarga selama bertahun-tahun dan tidak mendapatkan solusi. 

Dengan fasilitas sidang keliling dan beracara dengan cuma-cuma ini masyarakat sangat terbantu,” ujarnya dengan penuh semangat.

Lebih lanjut, wanita paruh baya yang cukup enerjik ini menambahkan, ”saya sangat berharap ke depan sidang keliling dan beracara dengan cuma-cuma ini tetap dilanjutkan, kalau bisa anggarannya diperbesar  sehingga frekuensinya bisa diperbanyak lagi,” imbuh Aryani.

LK3 merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berada di bawah Kementerian Sosial (Kemensos) yang secara operasional pembinannya dilakukan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinassosnakertrans) Propinsi Jambi. Sejak setahun yang lalu LK3 Muaro Jambi secara aktif bekerjasama dengan PA Sengeti dalam pelaksanaan sebagian sidang keliling dan perkara prodeo. LK3 turut serta mensosialisasikan keberadaan sidang keliling dan beracara secara cuma-cuma bagi kepada masyarakat.

Ketua PA Sengeti, HS. Syekhan Aljufri menyambut baik kerja sama dengan LK3 yang telah berlangsung sejak tahun 2009. “Semoga kerja sama dengan lembaga atau instansi  lain seperti LK3 ini bisa terus berlanjut sehingga pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan bisa terus ditingkatkan,” pungkasnya. (zia)


http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/6321-sidang-keliling-pa-sengeti--1510.html

0 Komentar: