Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

"Kajian Hukum Materiil Peradilan Agama"


Image

badilag.net | pa-sengeti.net
Rancangan  Undang-Undangan tentang Hukum Materil  Peradilan Agama terutama dibidang Perkawinan ternyata membuka wacana  dan ruang berpikir bagi banyak pihak.  Tidak hanya  kalangan internal  institusi peradilan, akan tetapi  kalangan eksternal pun tidak ketinggalan dalam menyikapi persoalan tersebut.  Karena tegaknya suatu hukum sangat ditentukan 3 hal yaitu : Struktur, Substansi dan kultur. Dengan demikian,  Maka Keberadaan Undang-undang tersebut nanti tentunya akan  memberikan spirit baru bagi Peradilan Agama, karena salah satu dampak diberlakukan UU tersebut secara tidak langsung akan menambah kompetensi absolut dan memperteguh eksistensi  peradilan Agama.
Untuk itulah Pengadilan Agama Sengeti atas prakarsa Wakil Ketua Pengadilan Agama Sengeti Drs. Faizal Kamil, SH., MH, Jum’at pagi  tanggal 30 April 2010 menyelenggarakan diskusi sehari yang bertajuk “Kajian Hukum Materiil Peradilan Agama (Antara Teori dan Praktek). Acara dimulai pukul  09.00 WIB yang dihadiri oleh para hakim, Panitera, Jurusita dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sengeti.  
Ketua Panitia Pelaksana, Ahsan Dawi, SH, SHI, MSI dalam sambutannnya mengatakan bahwa diskusi ini sebenarnya “tradisi lama yang sudah melembaga” terutama bagi Pengadilan Agama”, ungkap ketua Tim TI PA Sengeti yang baru saja memberikan pelatihan SIADPA di PA Pangkalan Kerinci. 
Lebih lanjut dikatakan bahwa acara ini sekaligus sebagai awal pengantar tugas 2 hakim Pengadilan Agama Sengeti, yakni Drs. Musiazir yang mutasi ke PA Tiga Raksa dan Drs. Marwoto, SH, MSI yang mutasi ke PA Kalianda. Diakhir sambutannya dikatakan bahwa semoga diskusi ini akan terus berlanjut dengan dukungan semua pihak, terutama pimpinan institusi terkait.
Sementara itu hal senada disampaikan Ketua Pengadilan Agama Sengeti Drs. H.S. Syekhan Al-Jufri  bahwa perlu diberikan apresiasi kepada para penggagas acara ini, terutama kepada Wakil Ketua PA Sengeti Drs. Faizal Kamil, SH, MH dan teman-teman lainnya sebagai inisiator sekaligus mensponsori acara ini dan diharapkan kegiatan akan terus berlanjut”, ungkap Syekhan.
Dalam kesempatan tersebut KPA Sengeti juga sedikit mengupas persoalan RUU Hukum Materril Peradilan Agama yang telah diseminarkan pada 19 Februari 2010 lalu di Jakarta. Sedikitnya ada 3 pokok hukum dalam RUU tersebut yakni : Hukum Administrasi, Hukum Perdata dan Hukum Pidana. Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan do’a yang diimami oleh Ustadz H.S. Shalahuddin, SH.
Tampil sebagai Nara sumber adalah Drs. Faizal Kamil, SH, SHI,MSI (Wakil Ketua Pengadilan Agama Sengeti) dan Wasis Priyatno, SH, MH (Hakim Pengadilan Negeri Sengeti). Acara dipandu oleh moderator Drs. Marwoto, SH, MSI dan Suryadi, S.Ag. SH.
Diskusi berlangsung dengan penuh semangat karena selain mengupas secara materil dalam perspektif hukum Islam juga dari perspektif hukum pidana. Acara ini disambut antusias oleh para peserta yang hadir. Di akhir diskusi moderatormembacakan kesimpulan berupa rekomendasi yaitu : Pertama,  perlu ada kajian yang komprehensif dan analitis secara kontinyu  terhadap Hukum Materiil Peradilan Agama. Kedua hendaknya semua aparatur peradilan Agama terutama para hakim dan tenaga yudisial lainnya untuk terus meningkatkan kualitas SDM  dalam menghadapi perkembangan hukum terbaru. ( roliwilpa@yahoo.co.id)

http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/4653-diskusi-sehari-ikahi-pa-sengeti--55.html

0 Komentar: