Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 07 Maret 2013

Evaluasi Hasil Pengawasan Di PA Sarolangun



Image
Dari kiri ke kanan: Syamsikar (Pansek PTA Jambi), Sudirman Cik Ani (Hakim Tinggi Pengawas Daerah), Buchori Ras (WKPTA Jambi), dan Lisdar (KPA Sarolangun)
Sarolangun | pa-sarolangun.net (19/11)

Wakil Ketua PTA Jambi Buchori Ras, beserta tim melakukan evaluasi hasil pengawasan di PA Sarolangun Kamis kemarin (19/11). Evaluasi dilakukan untuk melihat pelaksanaan hasil pengawasan yang telah dilakukan PTA Jambi di PA Sarolangun pada beberapa bulan yang lalu.

Nampak hadir bersama Wakil Ketua PTA Jambi, Sudirman Cik Ani (Hakim Tinggi Pengawas Daerah), Syamsikar (Pansek PTA Jambi), Hartati (Panitera Pengganti), Ahsan Dawi (Tenaga TI), dan Ghozi Ala Zikri (Kesekretariatan). 

"Saya kembali mengajak Hakim dan Pegawai PA Sarolangun untuk terus meningkatkan disiplin kerja. Seperti Jurusita/Jurusita Pengganti, apabila hendak menyampaikan surat panggilan (relaas) harus berangkat dari kantor menuju alamat para pihak," kata Buchori Ras mengawali sambutannya saat ekspose evaluasi di ruang sidang PA Sarolangun. 

Ia menambahkan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja adalah mengefektifkan pengawan internal. Hakim pengawas bidang diharapkan bisa melakukan pembinaan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Sudirman Cik Ani selaku Hakim Pengawas Daerah menekankan pentingnya hakim dan pegawai bersikap profesional dan proporsional. Sembari mengutip pernyataan Mantan Ketua MA Bagir Manan, Sudirman menjelaskan bahwa bersikap professional adalah bekerja dengan ilmu secara sistematis dan terus menerus serta mendapat imbalan (gaji, red).

Bersikap proporsional menurut Sudirman adalah bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. Ia sempat mengutip "kaidah kopla judan tuki" untuk menggambarkan seorang pegawai harus bersikap dan bertindak sesaui tugas pokok dan fungsi. Kopla judan tuki yang dimaksud adalah akronim dari kopyah di kepala, baju di badan, sepatu di kaki.

Image
Sebagian Hakim dan Pegawai PA Sarolangun foto bersama Wakil Ketua PTA Jambi di depan kantor
Berkaitan dengan pemanfaatan TI, Ahsan Dawi menegaskan faktor keberhasilan TI setidaknya dipengaruhi 4 faktor. Pertama, support pimpinan termasuk panitera/sekretaris. Kedua, admin yang ulet dan tidak gampang menyerah. Ketiga, sikap hakim dan pegawai yang siap "berubah". Keempat, peralatan yang memadai.

Menanggapi evaluasi yang telah dilaksanakan, Ketua PA Sarolangun Lisdar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Ketua PTA Jambi beserta tim. "Hari ini kita mendapat banyak pencerahan. Dalam waktu dekat kita akan melakukan langkah-langkah strategis untuk terus meningkatkan kinerja, termasuk pemanfaatan TI," papar Lisdar, satu-satunya perempuan yang menduduki jabatan Ketua PA di Wilayah Hukum PTA Jambi (ADM)

http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/3834-evaluasi-hasil-pengawasan-di-pa-sarolangun--2011.html

0 Komentar: