Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Jumat, 08 Maret 2013

Bintek dan Validasi Siadpa Plus Se Wilayah PTA Jambi




Ahsan Dawi bersama Wapan PTA Jambi, IdrisLatif, SH.,MH., yang juga merupakan Ketua Tim Daerah Siadpa Plus PTA Jambi
Jambi | pta-jambi.go.id
Berawal dari bincang-bincang di group facebook timda siadpa Plus Jambi tentang adanya keinginan untuk duduk bersama mereview sekaligus mencari solusi untuk kemajuan Siadpa Plus Wilayah PTA Jambi, Akhirnya Senin (15/10/2012) keinginan ini dapat terwujud dengan digelarnya Bintek Review dan Validasi SIADPA Plus 2012.
Kegiatan kali ini diadakan di wiltop hotel dan berlangsung selama dua hari (15-16) Oktober 2012, dengan peserta Ketua/wakil ketua Pengadilan Agama se wilayah PTA Jambi dan Administrator Siadpa Plus Masing-masing satker.
Kegiatan dibuka pagi pukul 09.00 wib, dengan sambutan dari Ketua PTA Jambi, Drs. H. Muzani Zahri SH, MH, yang mana dalam sambutannya KPTA Jambi mengungkapkan bahwa saat ini PTA Jambi cukup berbangga karena salah satu satker di PTA Jambi yakni PA Sengeti telah berhasil mencapai peringkat kedua dalam penilaian implementasi Siadpa Plus Secara nasional. Kendati demikian, menurut KPTA Jambi suatu keberhasilan haruslah dicapai secara bersama.
“Jangan sampai ada yang tinggi sekali namun ada pula yang rendah sekali, Pengadilan Agama Sewilayah Jambi haruslah maju bersama-sama,” ungkap KPTA Jambi.
Lebih Lanjut KPTA Jambi memberikan penekanan kepada para peserta agar peningkatan Implementasi Siadpa Plus dilakukan secara bersama-sama, sehingga di masa yang akan datang, Pengadilan Agama sewilayah PTA Jambi dapat diperhitungkan dalam kegiatan evaluasi Siadpa Plus di tingkat nasional.
Selepas Pembukaan, acara berlanjut pada materi kegiatan dengan Nara sumber Ahsan Dawi, SHI, SH, MSi.
Ketua Mendampingi Admin
Sesuatu yang baru dan unik bagi PTA Jambi kali ini adalah Ketua/Wakil Ketua juga diikutsertakan di dalam kegiatan Bintek, duduk berdampingan dengan Admin masing-masing. Hal ini Diharapkan agar unsur pimpinan dapat mengetahui secara jelas bagaimana sebetulnya pekerjaan Admin.
Ketua/Wakil Ketua mendampingi Admin, berperan penting memberi motivasi dan memonitor perkembangan Siadpa Plus
Cak Ahsan mengungkapkan bahwa Admin kadang-kadang pekerjaannya seperti tidak kelihatan namun sebetulnya cukup banyak, kompleks dan variatif. Sering kali pula terbawa kerumah bahkan sampai waktu-waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat.
Selanjutnya satu persatu para Ketua diberikan kesempatan untuk praktek monitoring Implementasi Siadpa Plus satker masing-masing. Tentunya dengan hal ini kedepan Ketua tidak hanya mendengar laporan saja namun dapat langsung memonitor sehingga apabila ada permasalahan dapat langsung diambil kebijakan.
Beberapa Point Penting
Adapun bintek kali ini menghasilkan beberapa rumusan progress kedepan bagi Tim Daerah Siadpa Plus PTA Jambi yakni :
  1. Bidang Implementasi
  • Melakukan sosialisasi aplikasi SIADPA Plus di wilayah PTA Jambi keseluruh pengguna (user) siadpa mulai dari Meja I, Meja II, Meja III, JSP, PP, Hakim dan sebagainya.
  • Pemetaan Implementasi aplikasi SIADPA Plus, dengan cara membagi tugas kepada setiap pengguna, admin, dan super visor secara proposional;
  • Melaksanakan kegiatan evaluasi kinerja implementasi Siadpa Plus setiap 2 bulan, dengan sistem keliling keseluruh PA se wilayah PTA Jambi.
  • Melakukan monitoring pelaksanaan implementasi Siadpa yang termuat dalam info perkara.badilag.net setiap bulan.
2. Bidang Konsultasi
    • Memberikan masukan kepada tim siadpa lain mengenai implementasi aplikasi;
    • Melakukan koordinas idengan tim siadpa lain dalam hal pelaksanaan implementasi aplikasi.
    • Melayani konsultasi terkait dengan penerapan aplikasi SIADPA Plus;
    • Membuat daftar piket yang tugasnya untuk mendeteksi kekurangan-kekurangan pelaksanaan siapda Plus melalui Grup Facebook siadpa plus PTA Jambi;
    3. Bidang Evaluasi dan Statistik
      • Memberikan evaluasi dan monitoring terhadap pelaksanaan implementasi aplikasi SIADPA plus;
      • Memberikan report progress/statistik terhadap pelaksanaan implementasi aplikasi SIADPA plus;
      • Memberikan reward dan punishment terhadap pelaksanaan implementasi aplikasi SIADPA Plus;
      • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi secara berkala;
      4. Bidang Pengembangan
        • Penyempurnaan Instalasi aplikasi secara maksimal dengan cara mengkhususkan fasilitas hanya untuk penggunaan aplikasi SIADPA Plus;
        • Melakukan pemantauan dan pemeliharaan software dan hardware aplikasi SIADPA Plus;
        • Melakukan penyempurnaan formulir-formulir/ blanko-blanko;
        • Membuat register perkara dalam bentuk soft copi dan hardcopy yang  diambil dari siadpa register;
        • Melakukan setting/update standar form aplikasi sesuai kebutuhan;
        Perpisahan Ahsan Dawi
        Setelah sekian lama mewarnai perkembangan Siadpa Plus di Wilayah PTA Jambi, akhirnya masa perpisahan tiba juga, Ahsan Dawi Mansur Nara sumber IT Nasional, yang juga merupakan Hakim PA Sengeti, akan segera pindah tugaske PA Pandeglang.
        Bintek kali ini menjadi Bintek terakhirnya sebagai Warga Pengadilan Agama di wilayah Jambi. Setelah seharian penuh tampil total memberikan materi, pada acara penutupan Ia menyempatkan diri menyampaikan kata-kata perpisahan.
        “Saya mohon maaf apabila di dalam bergaul selama ini ada kata-kata yang kurang berkenan, selanjutnya terimakasih banyak semoga kita bersama bisa membawa PTA Jambi ke level yang patut dibanggakan,”ujarnya.
        Peserta Bintek Siadpa Plus, Terdiri atas Ketua dan Admin masing-masingSatker
        Selain itu Ia juga menyampaikan, bahwa jarak saat in ibukanlah lagi penghalang untuk berkomunikasi. “walaupun nanti kita berjauhan, kalau ada masalah tidak usah sungkan untuk telpon, atau menyampaikan di grup facebook,” pungkasnya.
        Tentunya bagi warga Peradilan Agama se PTA Jambi, kepindahan Cak Ahsan merupakan suatukehilangan. Kendati demikian sebagaimana yang Ia sampaikan saat ini jarak bukanlah penghalang untuk terus menjalin silaturrahmi.
        Selamat Jalan Cak Ahsan, Terima kasih atas Kerjasama dan Persahabatan yang terjalin selama ini, semoga sukses selalu dalam berkarya mewarnai peradilan agama.

        http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/13098-bintek-review-dan-validasi-siadpa-plus-sewilayah-pta-jambi-2310.html

        0 Komentar: