Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Jumat, 08 Maret 2013

Bimbingan Pelaksanaan Pola Bindalmin dan SIADPA plus PTA dan PA sewilayah PTA Jambi



Pasar Jambi |  pa-jambi.go.id (23/5/2011)

PTA  Jambi kembali menyelenggarakan program peningkatan SDM bagi jajarannya selama 3 hari mulai tanggal 23 s.d. 25 Mei 2011 lalu. Kegiatan non fisik yang digelar kali ini adalah Bimbingan Pelaksanaan Pola Bindalmin dan Siadpa plus bagi para tenaga teknis di Pengadilan Agama. Oleh karenanya  kegiatan ini diikuti oleh 4 orang peserta dari setiap PA yang terdiri dari 1 orang Hakim, 1 orang Pansek, 1 orang Panitera Pengganti serta 1 orang operator IT/SIADPA dan 7 orang operator IT/SIADPTA.

Sedianya acara akan dibuka langsung oleh Dirjen Badilag, namun  mengingat sesuatu dan lain hal serta kesibukan sang Dirjen acara dibuka oleh Ketua PTA Jambi Drs. H. Muzani Zahri, SH.,MH pada Senin lalu (23/5) pukul 16.15 wib, dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan yang besar kepada seluruh peserta untuk  dapat mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh para Pemandu Nasional yang dimiliki oleh PTA. Jambi baik dalam materi yang berkenaan dengan pola bindalmin yang akan disampaikan oleh Waka PTA Drs.H.M. Yamin Awie, SH.,MH maupun yang berkenaan dengan materi siadpa plus dan IT yang akan disampaikan oleh Ahsan Dawi, SH, SHI.,MSI.


“ Di lingkungan Mahkamah Agung peradilan agama telah dikenal sebagai pioner pemanfaatan IT sebagai penunjang kinerja. Ketika dilakukan terhadap website pengadilan di lingkungan MA, peradilan agama berhasil meraih the best of the best melalui PA Bantul,  Yogyakarta,  Sleman, PTA Yogyakarta dan PTA Surabaya. Penilaian tersebut didasarkan atas beberapa kriteria yang pada intinya bermuara kepada upaya mewujudkan Good Govenance. Apabila seluruh peradilan telah memenuhi kriteria tersebut, insya Allah akan mempermudah mewujudkan misi Mahkamah Agung yakni Terwujudnya Peradilan Yang Agung.“  ungkap H. Muzani memotivasi para peserta.

Tak berbeda dengan acara lain yang serupa, bintek kali juga dijadwalkan cukup padat, terbukti selepas acara pembukaan yang hanya berlangsung sekitar 30 menit, peserta langsung ‘digiring’ untuk menerima materi pertama yang diberikan oleh KPTA, yang membahas tentang kebijakan dan program prioritas PTA hingga menjelang maghrib. Pukul 19.30 dilanjutkan dengan materi penyamaan persepsi terhadap pedoman pelaksanaan tugas di bidang administrasi (Buku II edisi Revisi) dan Pola Bindalmin yang diberikan oleh Waka PTA Jambi Drs.H.M. Yamin Awie, SH.,MH yang notabene merupakan salah satu pemandu nasional terbaik dibidang Hukum Acara dan Pola Bindalmin yang dimiliki oleh MA. Pemberian materi berlangsung hingga pukul 22.30 wib.

Keesokan harinya para peserta kembali diberikan materi-materi penting berkaitan dengan tugas pokok masing-masing peserta yakni mengenai SOP (standard Operational Procedure) oleh Hakim Tinggi PTA. Jambi Drs.H. Sudirman Cik Ani, SH.,MH yang menyampaikan seluruh materi dengan gayanya yang khas yakni sesekali melontarkan ‘joke-joke’ segar sehingga para peserta terlihat rileks namun tetap serius mendengarkan pemaparannya.

Setelah itu peserta diberikan materi yang berbeda dengan materi sebelumnya, kali ini peserta mulai dikenalkan dengan aplikasi siadpa plus, suatu program yang dinilai paling efektif digunakan oleh para tenaga teknis peradilan agama mulai dari meja satu hingga hakim. Siadpa plus merupakan penyempurnaan dari program aplikasi siadpa yang telah digunakan sebelumnya oleh para tenaga teknis peradilan agama se Indonesia. Meski materi diberikan sejak pukul 10.00 wib hingga acara penutupan keesokan harinya, namun tak satupun dari peserta yang terlihat jenuh menerima materi yang diberikan oleh Ahsan Dawi, SH.,SHI.,MSI Hakim PA Sengeti yang juga merupakan salah satu pemandu nasional terbaik dibidang IT/Siadpa yang dimiliki MA saat ini.

Bagaimana tidak, disela-sela pemberian materi Ahsan Dawi mempersilahkan para peserta untuk membuka akun facebook masing-masing dan menganjurkan agar peserta bergabung menjadi anggota Laskar Siadpa Plus suatu komunitas baru yang dijadikan wadah bagi para pengelola IT dan Siadpa untuk saling sharing dan konsultasi mengenai IT dan Siadpa plus.   

Rabu (25/5) menjelang tengah hari, acara bintek ditutup oleh KPTA yang sejak pembukaan terus mengikuti jalannya acara ini. Begitu menggebunya tekad beliau untuk memajukan IT dan siadpa di wilayah PTA Jambi sehingga meskipun hanya dijadwadkan untuk membuka, menutup dan memberikan 1 season materi, namun beliau tetap hadir mengikuti setiap materi terutama mengenai siadpa plus agar beliau juga mengerti mengenai siadpa plus tersebut.
Para peserta saat acara pembukaan tengah berlangsung
“ Sejak awal, saya amati peserta cukup sungguh-sungguh mengikuti setiap materi yang diberikan, untuk itu saya mengajak kita semua untuk mengikhlaskan hati memegang teguh komitmen kita untuk maju bersama mengejar ketinggalan kita selama ini dan saling bahu membahu dalam menghadapi kendala yang ada baik dibidang Hukum Acara dan Pola Bindalmin terlebih dibidang IT dan siadpa ini, selain itu saya juga menghimbau para Ketua PA agar lebih memperhatikan tenaga admin yang menjadi ujung tombak hal tersebut agar pengimplementasian siadpa plus ini dapat berjalan dengan baik.” Tandas KPTA mengakhiri arahannya.

Usai acara penutupan, para peserta dipersilahkan menikmati santap siang terlebih dahulu sebelum kemudian bertolak ke daerah masing-masing dengan tekad merealisasikan komitmen untuk maju  bersama yang disepakati peserta dituangkan dalam bentuk kontrak kerja guna kemajuan wilayah PTA Jambi dimasa yang akan datang, semoga tekad mulia tersebut dapat tercapai. (dhila)

http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/7824-bimbingan-pelaksanaan-pola-bindalmin-dan-sadpa-plus-pta-dan-pa-sewilayah-pta-jambi-305.html

0 Komentar: