Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Sabtu, 09 Februari 2013

Pengelola Website di Wilayah Hukum PTA Yogyakarta diberi Pelatihan Jurnalistik


Sebagai salah satu tindak lanjut dari Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No.144 / KMA /2007 tentang Transparansi Peradilan dan berdasarkan Hasil Monitoring ke seluruh Pengadilan Agama di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, bertempat di Aula I Gedung Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta dan dihadiri oleh tenaga-tenaga pengelola web site seluruh Pengadilan Agama di Yogyakarta pada hari Kamis 26 Juni 2009 diselenggarakan Acara Pelatihan Jurnalistik. Acara ini sekaligus diharapkan mampu menjawab kebuntuan-kebuntuan yang mungkin terjadi selama ini dalam pengelolaan web site di Pengadilan Agama dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama  Yogyakarta.

 Image
Drs. Hudono S.H memeberi materi Jurnalistik
Dalam kata sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs.H.M. Hasan H Muhammad, S.H.,M.H yang sekaligus membuka secara resmi acara Pelatihan Jurnalistik ini dengan didampingi oleh Ibu Panitera/Sekretaris Dra.Hj.Siti Maryam menyampaikan bahwa Faktor utama Lembaga Peradilan  kita ini dianggap sangat tertutup atau tidak terbuka ini adalah karena tidak bisa diketahuinya apa-apa saja yang terjadi didalam Pengadilan itu oleh masyarakat umum sehingga mengakibatkan berbagai kecurigaan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dengan sudah adanya Web Site dari tiap-tiap Lembaga Peradilan, terutama Pengadilan Agama yang ada di Wilayah Derah Istimewa Yogyakarta ini diharapkan bisa menjadi jawaban dari kecurigaan berbagai pihak yang mungkin terjadi itu. Namun hal ini tidak berhenti begitu saja, ternyata berdasarkan hasil monitoring yang secara langsung dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta didampingi oleh Ahsan Dawi S.H.,S.H.I.,M.S.I masih ditemukan beberapa kendala yang masih ada dilapangan yang membuat Web Site dari Pengadilan Agama sudah ada ini kurang maksimal dalam pengelolaannya ataupun pemanfaatannya.
Image
Para peserta sedang mengikuti Pelatihan Jurnalistik
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam acara Pelatihan ini dihadirkan juga seorang Narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidang Jurnalistik yaitu Drs. Hudono S.H sebagai Redaktur Pelaksana pada Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat salah satu surat kabar yang sangat popular di Kota pelajar ini. Dalam paparannya setelah beliau melihat beberapa situs Pengadilan Agama yang ada di Yogyakarta ini, beliau menyampaikan pada umumnya sudah cukup bagus hanya pada suatu sisi faktor Why dan How dalam kriteria penulisan suatu berita masih  belum terpenuhi secara baik. Penjelasan tentang bagaimana menuli suatu berita dan artikel itu menarik untuk dibaca, kode etik jurnalistik dan kriteria-kriteria apa saja yang harus dipenuhi oleh redaktur, dikupas secara jelas dan terperinci oleh narasumber. Pada sesi yang pertama ini setelah materi-materi penulisan selesai disampaikan, kemudian dilanjutkan dengan praktek latihan pembuatan suatu berita dan artikel oleh masing-masing pengelola Web Site, yang dilanjutkan dengan evaluasi serta tanya jawab oleh Drs.Hudono S.H.
Pada sesi yang kedua diisi oleh Suharjana S.H selsaku Tim I.T P.T.A Yogyakarta tentang manajemen Web Site di Lingkungan Pengadilan Agama di Wilayah PTA Yogyakarta dalam sesi ini dilakukan beberapa evaluasi-evaluasi dari Web Site masing-masing Pengadilan Agama di Yogyakarta yang sudah ada untuk mencari suatu keseragaman pemenuhan kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat, agar Web Site itu lebih bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat pencari keadilan yang semakin beraneka ragam. Dalam sesi ini pula Ahsan Dawi menyampaikan bahwasannya kebutuhan informasi masyarakat lewat internet saat ini semakin pesat pertumbuhannya untuk itu pembaharuan dalam sistem IT  di masing-masing pengadilan agama harus secepatnya dilakukan, up dating data harus terus dilakukan untuk mewujudkan suatu Peradilan yang lebih bermartabat dan terhormat lagi di mata masyarakat Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.

Sumber: http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/3256-pelatihan-jurnalistik-di-lingkungan-pta-yogyakarta--17.html

0 Komentar: