Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Sabtu, 09 Februari 2013

Kunjungan Tim TI PTA Banjarmasin ke PA Wonosari



Image
Perkembangan dan kemajuan Teknologi Informasi yang dicapai oleh PTA Banjarmasin telah membawa manfaat bagi para masyarakat pencari keadilan. Namun demikian upaya untuk terus belajar dan saling berbagi pengalaman seperti tidak pernah berhenti. Jarak bukan halangan demi ilmu pengetahuan dan kemajuan. Hal itu dibuktikan dengan kunjungan PTA Banjarmasin ke PA Wonosari yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua PTA Banjarmasin, Drs. H. M. Tarsi Hawi, SH., Selasa, (28/4). Ikut serta dalam Rombongan tersebut Tim TI dari 3 Pengadilan Agama yang ada di wilayah PTA Banjarmasin, yakni PA Banjarmasin, PA Pelaihari, dan PA Barabai.
Kedatangan rombongan PTA Banjarmasin disambut langsung oleh Drs Jeje Jaenudin, MSI (Wakil Ketua PA Wonosari), Hj. Sri Murni, SH (Panitera/sekretaris) dan Tim TI PA Wonosari. Setelah beramah tamah, Drs. J. Thanthowie Ghanie, SH. MH (Hakim Tinggi PTA Yogyakarta) menyatakan bahwa kedatangannya ke PA Wonosari untuk mengantar rombongan dari PTA Banjarmasin. "Rombongan PTA Banjarmasin ini hendak melakukan studi banding mengenai implementasi TI di PA Wonosari, meskipun menurut saya PA Wonosari itu biasa-biasa saja," tegas J.Thanthowie Ganie.

Dalam sambutan selamat datang, Jeje Jaenudin berterima kasih atas kunjungan PTA Banjarmasin. “Meski Drs. J. Thanthowie Ghanie, SH. MH tadi mengatakan bahwa TI PA Wonosari biasa-biasa saja namun barangkali ada kelebihan dan kekurangan melalui kunjungan ini yang nantinya bisa saling belajar dan mengisi. Kami ucapkan terima kasih dan kami merasa mendapat kehormatan dengan kedatangan rombongan PTA Banjarmasin,” ujarnya.
Wakil Ketua PTA Banjarmasin dalam sambutannya menyatakan, “kami membawa tenaga-tenaga muda yang selama ini mengelola TI di PTA Banjarmasin, termasuk admin PA Banjarmasin, PA Pelaihari dan PA Barabai. Studi banding ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan TI di wilayah PTA Banjarmasin". Demikian menurut Tarsi Hawi dalam sambutan mewakili rombongan PTA Banjarmasin dengan nada Humor.
Sementara itu Ahsan Dawi selaku admin Tim TI Wonosari dalam pemaparannya selain mereview perkembangan TI di PA Wonosari juga sempat memuji terobosan PTA Banjarmasin yang telah menerapkan layanan SMS gateway untuk informasi perkara. "Kami sebenarnya ingin membuat sms gateway namun anggaran belum memungkinkan. Anggaran pengembangan TI hanya cukup untuk biaya akses internet dan sewa hosting. Meskipun begitu, kami tetap memberikan layanan informasi perkara melalui SMS. Nomor SMS laporan keuangan perkara pemberian badilag yang biasa digunakan sebulan sekali kita maksimalkan untuk layanan informasi perkara," ungkap Ahsan. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat PA Wonosari telah membuka akses kepada masyarakat pencari keadilan untuk mendapatkan informasi perkara melalui petugas layanan informasi perkara (client service), telpon, sms, website, barcode dan TV Media.
TV Media Center
Selama dalam kunjungannya H. Abdurrahman, SAg (Koordinator Tim TI PTA Banjarmasin) bersama Tim TI dari PA Banjarmasin, PA Pelaihari dan PA Barabai banyak melakukan diskusi seputar pengembangan TI dengan Tim TI PA Wonosari. Salah satu ketertarikan Rombongan PTA Banjarmasin adalah penggunaan barcode informasi perkara dan TV Media Center di PA Wonosari. keberadaan TV Media center dapat memberikan hiburan dan pendidikan hukum melalui pesan-pesan yang termuat di dalamnya. Secara umum, TV Media Center menampilkan 4 informasi utama yaitu: Pertama, daftar perkara putus. Kedua, jadual sidang. Daftar perkara putus dan jadual sidang secara otomatis mengambil data dari SIADPA, sehingga tidak memerlukan entry data lagi. Ketiga, informasi dalam bentuk running text (teks berjalan) yang bisa diisi dengan informasi yang kita kehendaki, seperti tata tertib persidangan, pengumuman, dll. Keempat, multimedia yang bisa menampilkan siaran TV ataupun video untuk mengusir kejenuhan pengunjung sidang, sehingga hiburan ataupun berita Pemilu dari TV One ataupun Metro TV tetap dapat dinikmati.
Image
Salah satu peserta rombongan yang cukup antusias adalah Pansek PA Pelaihari, Samsul Muhana, ”sepulang dari sini saya akan backup sepenuhnya TIM TI kami. Penerapan Barcode dan TV Media center sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi. Kami ingin seperti PA Wonosari", ungkapnya dengan penuh semangat. Ketertarikan tidak hanya datang dari rombongan PTA Banjarmasin, J.Thanthowie Ghanie, Hakim Tinggi PTA Yogyakarta, yang pada awalnya mengatakan PA Wonosari biasa-biasa saja ternyata kagum dengan keberadaan TV Media, bahkan ia juga sempat mencoba mengoperasikan barcode informasi perkara, sesuatu yang belum pernah ia lihat dan bayangkan sebelumnya. (Tim TI PA Wonosari).

Sumber: http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/3070-studi-banding-pta-bajarmasin-ke-pa-wonosari-15.html

0 Komentar: