Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Sabtu, 09 Februari 2013

Implementasi SIADPTA di PTA Yogyakarta



 Image
PTA Yogyakarta terus berbenah dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang tugas-tugas pokok. Kesibukan tersebut semakin terasa dengan ditunjuknya PTA Yogyakarta sebagai pilot project SIADPTA. SIADPTA, Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Tinggi Agama, merupakan sistem administrasi perkara yang mengacu pada pola bindalmin yang didesain ulang dengan menggunakan komputer. Kehadiran SIADPTA diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah kinerja sebagaimana keberadaan SIADPA (Sistem Informasi Administrasi Pengadilan Agama) yang telah dirasakan manfaatnya.
Dalam rangka memantapkan implementasi SIADPTA, pada hari Jum’at (29/05/2009) bertempat di Aula PTA diadakan Konsolidasi Data SIADPA dan SIADPTA. Acara dibuka oleh Hj. Siti Maryam (Panitera/Sekretaris PTA Yogyakarta) dan dihadiri oleh Panitera/Sekretaris, Panitera Muda Hukum dan admin SIADPA PA-PA Se Wilayah Hukum PTA Yogyakarta. Dalam sambutannya Hj. Siti Maryam menekankan pentingnya peran PA-PA dalam mensukseskan SIADPTA. “Keberhasilan SIADPTA sangat dipengaruhi oleh kerja sama dan penerapan SIADPA secara maksimal di masing-masing PA. Saya minta kepada Panitera/Sekretaris PA-PA Se-DIY untuk terus memantau perkembangan SIADPA di satuan kerja masing-masing,” ujar Siti Maryam.

Image
Hubungan SIADPA dengan SIADPTA
Kegiatan konsolidasi data SIADPA dan SIADPTA dipandu oleh Ahsan Dawi selaku fasilitator. Dalam presentasinya Ahsan memaparkan  tentang Aplikasi SIADPTA dan hubungannya dengan SIADPA. Selain mengolah sendiri data kepaniteraan di tingkat PTA, SIADPTA juga menghimpun data-data dari PA-PA yang terekam dalam SIADPA. “SIADPTA REPORT (Laporan PTA) merupakan bagian dari SIADPTA yang menampilkan kumpulan data seperti RK 1 sampai dengan RK 5, Register, Analisis Data PTA dan Laporan Perkara Tingkat 1,” ungkap Ahsan. Lebih lanjut ia mencontohkan, RK 1 yang berisi penerimaan banding dan RK 2 tentang perkara banding yang diputus secara otomatis akan mengambil data dari proses input data di aplikasi SIADPTA. Sedangkan RK 3, RK 4 dan RK 5 yang beirisi tetang perkara yang diterima PA, yang di putus PA dan faktor penyebab cerai akan mengambil data dari PA-PA yang diupload oleh admin SIADPA melalui internet.
Sembari menikmati fasilitas hotspot yang disediakan PTA Yogyakarta, para admin SIADPA PA-PA Se DIY siang itu secara serentak melakukan uplad data SIADPA ke web, selanjutnya admin SIADPTA akan mendownload data tersebut dan secara otomatis aplikasi SIADPTA akan mengolah dan menyajikan data-data tersebut dalam berbagai form. Proses uploading data berjalan lancer dan tata cara upload pun relatif mudah (user friendly). Fasiltator juga mengingatkan kepada para admin untuk melakukan cek dan ricek data yang diupload agar data yang diupload benar-benar terjaga validitasnya.

Sumber: http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/3146-implementasi-siadpta-di-pta-yogyakarta--16.html

0 Komentar: