Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 15 November 2012


Studi Banding Tim TI PA Mungkid ke PA Wonosari

Image 
Rombongan Tim TI PA Mungkid sedang berdialog dengan Wakil Ketua, Pansek dan Tim P.A. Wonosari
Salah satu upaya penerapan teknologi informasi (TI) di lingkungan peradilan yang up to date adalah dengan melakukan evalusai, perbaikan dan pengembangan. Begitu pula yang dilakukan Pengadilan Agama (PA) Mungkid dengan melakukan studi banding ke PA Wonosari, Jum’at, 22/08/2008.
Seperti yang telah dijanjikan melalui surat resmi, pagi itu, rombongan PA Mungkid yang berjumlah orang 6 orang tiba di PA Wonosari. Rombongan yang dipimpin oleh Drs. Saefudin Turmudzi, MH, diterima langsung Wakil Ketua PA Wonosari, Drs. Jeje Jaenudin, MSI., dan Panitera/Sekretaris, Hj. Sri Murni, SH, didampingi beberapa Tim TI antara lain: Ahsan Dawi, SH., SHI., MSI., Syamsul Munif, SH., Ahmad Mashuri, SH. dan Fajar Widodo, SHI.
Saat ini PA Mungkid telah memiliki TI, seperti Website dan Penerapan SIADPA, namun ada beberapa kendala seperti berita yang belum up to date, dan pembuatan balnko-blanko SIADPA yang belum maksimal. “Kami ingin berbagi pengalaman dan ilmu dengan Tim TI PA Wonosari, agar implementasi TI kami berjalan maksimal dan senantiasa aktual”, ujar Drs. Saefudin Turmudzi, MH., dalam sambutannya mewakili rombongan.

Menurut Tim TI PA Wonosari, ada beberapa resep selain faktor teknis yang ikut mempengaruhi kekompakan tim TI. Faktor non teknis itu seperti kebersamaan dan dukungan pimpinan. “Kami mendapat kebebasan berkreasi, dan setiap ide-ide positif demi kemajuan lembaga, pimpinan kami selalu mendukungnya,” ujar Ahsan Dawi.
Lebih lanjut Ahsan Dawi menyatakan kini dibutuhkan kemauan dan tekad yang kuat dari semua pihak untuk mengembangkan TI. Mengingat saat ini TI masih dikerjakan oleh pegawai yang mempunyai tugas pokok sebagai panitera pengganti, jurusita, kaur dan staf, sehingga terkesan pekerjaan TI bukan bagian dari kerja atau tugas pokok. Untuk itu kesan TI sebagai kerja sampingan harus dibuang karena TI merupakan salah satu sarana efektif untuk memberikan pelayanan prima untuk masyarakat.
Setelah acara ramah tamah, rombongan dibagi menjadi dua bagian yakni SIADPA yang dipandu Ahmad Mashuri menuju ruang pendaftaran dan kepaniteraan, serta Website yang dipandu Ahsan Dawi, guna membandingkan aplikasi yang telah diterapkan masing-masing, seperti teknik pembuatan blanko pada SIADPA, beberapa perawatan website agar senantiasa terus terjaga, dan dinamika kerja tim TI secara keseluruhan.
Setelah sekitar 4 jam saling bertukar pengalaman rombongan PA Mungkid menyatakan puas dan siap memaksimalkan SIADPA dan website yang telah dimilikinya. Studi banding yang lebih banyak sharing itu diharapkan juga membangun jalinan komunikasi dan tali silaturahmi. Sehingga dari penerapan TI tersebut banyak efek domino dan kemajuan yang muncul mengiringi reformasi birokrasi di dunia peradilan. (Tim TI PA Wonosari)

Sumber: http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/1751-studi-banding-pa-mungkid-ke-pa-wonosari--258.html

0 Komentar: