Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 15 November 2012


SIADPAWEB: Layanan Informasi Perkara PA Secara Online


Image
Tuada Uldilag MARI Drs. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH., saat membuka sosialisasi uploading data transparansi anggaran dan keuangan, didampingi KPTA Yogyakarta Drs. H. Chatib Rasyid, SH.,MH.

Jakarta | badilag.net (3/12)
Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) di lingkungan peradilan agama untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terus dikembangkan. Salah satu perkembangan tersebut adalah munculnya SIADPAWEB. Demikian dikatakan Ahsan Dawi saat memberikan materi Aplikasi SIADPA pada acara sosialisasi uploading data transparansi anggaran dan keuangan di Hotel Ros In Yogyakarta 28-29 Nopember 2008.
Kegiatan yang diselenggarakan PTA Yogyakarta tersebut dibuka oleh Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Agama Mahkamah Agung Ri (Tuada Uldilag MARI), Drs. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH. Adapun Materi-materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut adalah Up loading Data Transparansi Anggaran dan Keuangan (Egi Sutjiati MCC ICCP), Problematika Hukum Acara Perdata Agama (Drs. H. Adi Syamsu Alam, SH., MH), Kompilasi Hukum Ekonomi Syari'ah (Dr. Rifyal Ka'bah, MA) dan Aplikasi SIADPA (Ahsan Dawi).

Sosialisasi uploading data diikuti oleh para pejabat fungsional dan struktural di lingkungan PTA Yogyakarta dan PA-PA se-DIY. Hadir dalam acara tersebut antara lain: Hakim Tinggi, Ketua dan Wakil Ketua PA, Hakim, Panitera/Sekretaris, Wakil Panitera dan Wakil Sekretaris.
Image
Ahsan Dawi dalam presentasinya menekankan pentingnya support atau dukungan pimpinan dalam pemanfaatan TI, termasuk SIADPA. "Faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi aplikasi SIADPA adalah dukungan pimpinan, administrator (admin) yang ulet, dan sikap pegawai yang terbuka terhadap perkembangan TI", ujar Admin Tim TI PA Wonosari.
"Saat ini di beberapa Pengadilan Agama (PA) telah dikembangkan SIADPAWEB atau SIADPA online. SIADPAWEB merupakan kumpulan direktori perkara di suatu PA yang ditampilkan secara online. Data-data SIADPAWEB bersumber pada aplikasi SIADPA. PA-PA yang telah memasang SIADPAWEB antara lain: PA Purwodadi, PA Kabupaten Malang, PA Kendal, PA Ambarawa, PA Singaraja, PA Samarinda, PA Wates dan PA Wonosari. Biasanya di situs web PA-PA tersebut terdapat menu Direktori Perkara yang dihubungkan (link) dengan SIADPAWEB." ungkap Ahsan.
Image
Informasi-informasi yang tersedia dalam SIADPAWEB meliputi data perkara masuk dan putus, rekapitulasi perkara berdasarkan jenis, umur, pekerjaan, wilayah. Bermacam-macam grafik juga tersedia di SIADPAWEB, seperti grafik perkara masuk, perkara putus dan rekapitulasi perkara. Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna dalam melihat tampilan SIADPAWEB disarankan untuk menggunakan browser Mozilla Firefox.
SIADPAWEB merupakan salah satu bentuk transparansi perkara dan dapat dijadikan salah satu sarana untuk melihat kinerja suatu pengadilan. SIADPAWEB sebagai bagian dari pemanfaatan TI di lingkungan PA merupakan alat atau sarana untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Harapan ke depan, masyarakat semakin nyaman dengan pelayanan yang diberikan PA, semoga. (Tim TI PA Wonosari)

Sumber: http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/2727-siadpaweb-layanan-informasi-perkara-pa-secara-online-.html

0 Komentar: