Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Kamis, 15 November 2012


SIADPA tidak Mengekang Kreativitas Hakim


Wonosari | badilag.net (28/6)
Ternyata Sidapa tidak mengekang krativitas hakim !. Demikian sebuah testimoni dari Para Hakim PA Bantul saat melakukan silaturrahmi dengan Tim TI PA Wonosari, Jum'at kemarin (27/6). Kunjungan 14 (empat belas) hakim PA Bantul ini rangka meningkatkan kemampuan hakim di bidang TI, terutama berkaitan dengan pembuatan putusan dengan aplikasi SIADPA.
"PA Bantul selama ini telah menerapkan aplikasi SIADPA namun belum maksimal, terutama berkaitan dengan pembuatan putusan", demikian kata Busro Bin Mustahal, Wakil Ketua PA Bantul, mengawali sambutannya. Menurut Busro pertimbangan rombongannya bertandang ke PA Wonosari karena perkembangan TI PA Wonosari sangat baik, baik website ataupun SIADPA.
ImageKunjungan PA Bantul ini diterima secara formal oleh Wakil Ketua PA Wonosari, Dra. Mustaqarah, SH, MM. melalui media TI. "Meskipun PA Wonosari telah lama menerapkan SIADPA dan mempunyai website namun kami terus berupaya meningkatkan kemampuan kami di bidang TI dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat", ujar Mustaqaroh yang akan segera mutasi menjadi Wakil Ketua PA Yogyakarta ini.

Studi aplikasi SIADPA siang itu bertempat di ruang tunggu PA Wonosari yang "disulap" menjadi laboratorium komputer. Admin Tim TI PA Wonosari, Ahsan Dawi, mengawali presentasi dengan media Plasma TV sebagai screen menceritakan fase-fase awal penerapan SIADPA, terutama berkaitan dengan pembuatan putusan.
Image"Dulu ada anggapan dari hakim bahwa SIADPA itu memasung kreativitas, namun anggapan itu terbantahkan dengan sendirinya setelah para hakim memanfaatkan pembuatan putusan dengan SIADPA. Siadpa hanyalah "alat bantu" untuk mempermudah kerja kita. Blangko-blangko putusan di SIADPA bisa kita format sedemikian rupa sesuai keinginan kita asal masih dalam koridor hukum acara dan pola bindalmin.
Keempat belas hakim PA Bantul berkesempatan untuk mencoba aplikasi SIADPA dengan beberapa komputer yang telah disediakan. Meskipun usia sudah tidak muda lagi, namun semangat mereka untuk segera menguasai aplikasi SIADPA patut diacungi jempol. (kontributor |Tim TI PA Wonosari| asnoer)

Sumber: http://badilag.net/berita-seputar-peradilan-agama/1540-kunjungan-pa-bantul-ke-pa-wonosari.html

0 Komentar: