Pages

Subscribe:
Angry Birds -  Help

Selasa, 15 Februari 2011

Up Grade Joomla Anda!

Mengapa harus di-upgrade? Saya sudah nyaman dengan versi Joomla yang sekarang. Itu pertanyaan mendasar yang mungkin muncul di benak Anda. Jawabannya singkat, faktor kemanan. Saat ini Joomla telah menjadi CMS yang paling banyak digunakan. Makanya situs web berbasis Joomla sering dijadikan arena untuk menguji kesaktian para dedemit dunia maya, hacker dkk. Setiap versi Joomla biasanya mempunyai celah keamanan yang bisa menjadi sasaran empuk untuk dihack. Oleh sebab itu pihak pabrikan selalu memperbaiki dan mengeluarkan versi terbaru yang salah satu tujuannya untuk menutup celah-celah yang rentan terserang dedemit dunia maya.

Lantas, bagaimana cara meng-up grade Joomla Anda.
  1. Berdo'a dulu semoga proses up grade berjalan lancar karena saya tidak bisa menjamin semua proses berjalan lancar (walahhhh…kok malah nakut-nakuti)
  2. Disarankan untuk memback-up situs web Anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi kalo Anda yakin abaikan saran ini.
  3. Periksa versi berapa Joomla yang Anda pakai saat ini. Kalo belum tau, silahkan masuk ke back-end (halaman administrator), lihat di pojok kanan atas, contoh Version 1.5.18.
  4. Download Patch Joomla www.joomlacode.org atau langsung klik di sini. Pilih file patch yang sesuai dengan versi Joomla Anda. Contoh: Anda saat ini memakai versi 1.5.18 dan akan meng-upgrade ke Joomla 1.5.22 (versi 1.5 terbaru saat ini), maka Anda pilih/download File Joomla_1.5.18_to_1.5.22-Stable-Patch_Package.zip.
  5. Upload file patch ke server/hosting Anda melalui CPanel atau FTP ke dalam direktori Public_html.
  6. Ekstrak file patch tersebut.
  7. Masuk ke halaman administrator Joomla, lihat di pojok kanan atas. Jrenggggg… Version 1.5.22 … Selamat Joomla Anda telah diupgrade!

0 Komentar: